Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]


Awalnya Anda pasti bertanya-tanya, alat tambahan sepeda motor semacam kaca di depan sepeda motor. Atau lebih tepatnya kaca yang di pasang di depan sepeda motor, dikaitkan di antara dua spion. Fungsinya adalah untuk menahan hembusan angin dari depan. Alat tambahan ini dinamakan WINDSHIELD, berguna untuk menahan hempasan angin dari depan saat motor melaju. Bahan yang digunakan bukanlah kaca, terlihat seperti plastik, tapi bukan plastik, melainkan akrilik.

Bagi sebagian orang, terutama yang tidak kuat terkena hembusan angin terus menerus, penggunaan windshield sangat memberikan manfaat. Biasanya bagi mereka yang suka melakukan perjalanan jauh atau traveling.

Windshield banyak sekali modelnya, tentunya windshield bukanlah barang wajib sepeda motor, melainkan asesoris tambahan. Anda bisa mendapatkannya di toko/bengkel yang menjual beragam jenis suku cadang sepeda motor dan asesorisnya. Namun sebelum membeli, pastikan windshield cocok dengan sepeda Anda. Beberapa sepeda motor memang memiliki windshield khusus, seperti Yamaha N-Max, dll. Beri tahu pemilik toko/bengkel sepeda motor Anda. Agar penjual mencocokkan dan memilih windshield yang tepat.

Perlu diperhatikan bahwa windshield tidak semuanya cocok dan pas dengan mayoritas sepeda motor  meskipun Anda membeli windshield universal (windshield yang bisa dipasang ke semua jenis sepeda motor). Karena dalam prakteknya ternyata perlu sedikit modifikasi tambahan agar windshield bisa dipasang ke sepeda motor.


Pengalaman yang pernah dirasakan penulis ialah saat memasang windshield universal di sepeda motor bebek Supra X tahun 2000. Besi yang dipasang ke spion ternyata tidak cukup panjang, sehingga windshield tidak bisa dipasang. Penulis tidak bisa menjelaskan rinci modifikasi apa yang diperlukan. Mudah-mudahan foto di bawah ini bisa menjelaskan.


Keterangan gambar :
  • Yang dilingkari merupakan tambahan dari bengkel
  • Kotak putih di gambar merupakan lempengan tambahan yang perlu dibuatkan oleh montir. Plat besi hitam tersebut dipasang di masing-masing spion
Agar windshield terpasang dengan baik, alangkah baiknya jika Anda menggunakan jasa montir di tempat toko/bengkel Anda membeli windshield tersebut. Karena modifikasi yang diperlukan membutuhkan keahlian dari orang yang berpengalaman.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk menyempatkan diri menulis komentar di bawah tulisan ini. Salam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]