Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]


Jika Anda sedang mencari tempat tinggal di Surabaya, perlu perhatikan beberapa hal sebelum menentukan pilihan lokasi dan lingkungannya. Terlebih jika Anda adalah perantauan (pendatang) dari kota lain. Akan ada banyak perbedaan yang mencolok antara suasana kota Anda dengan kota Surabaya. Namun hal ini pengecualian jika Anda berasal dari kota di sekitar Surabaya seperti Sidoarjo, maka perbedaannya tidak begitu mencolok. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Surabaya yaitu :

1.       Masyarakat
Masyarakat kota Surabaya berasal dari berbagai suku. Yang terbanyak adalah Jawa, Madura, Tionghoa, Arab dll.

2.       Macet
Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolis di Indonesia. Meskipun tidak sesibuk Jakarta, namun aktivitas di jam-jam tertentu sangatlah padat, terutama di jalan. Pada jam 7-8 pagi dan 16-17 sore sering terjadi kemacetan dan kepadatan di beberapa ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan.

3.       Banjir
Banjir jarang terjadi di Surabaya, namun di beberapa lokasi tertentu banjir menjadi langganan masyarakat, terutama di wilayah yang lebih rendah. Meskipun demikian walikota Surabaya terus mencoba untuk mengatasi banjir ini dengan membenahi drainase secara bertahap.

Itu sedikit pandangan mengenai kondisi kota Surabaya.
Jika Anda sedang mencari tempat tinggal di Surabaya berupa kost, kontrakan rumah, atau rumah. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

1.       Lingkungan

Jika Anda menginginkan ketenangan, jangan tinggal di pemukiman yang padat. Hindarilah pemukiman dengan gang-gang sempit, yang hanya cukup untuk jalur sepeda motor, apalagi mengharuskan Anda untuk turun dari kendaraan. Wilayah relatif padat Surabaya terletak di Kecamatan Bubutan, Dukuh Pakis, Bulak, Gayungan, Kenjeran, Sawahan, Semampir, Tegalsari, Tenggilis Mejoyo, Wonocolo, Wonokromo

2.      Tanyakan beberapa hal kepada pemilik kost/kontrakan :
a.       Ketersediaan air
-          Bagi pengekost tanyakan apakah bayar lagi?
-          Apakah hidup sepanjang hari? (air PDAM Surabaya selalu mati saat pagi siang dan sore, hanya hidup di malam hari)
b.      Ketersediaan listrik
-          Bagi pengekost tanyakan apakah bayar lagi?
c.       Apakah banjir saat musim hujan?
d.      Bagaimana lingkungan sekitar? Perlu ditanyakan juga lingkungan sekitar. Misalkan pada saat malam apakah ramai, sering ada kegiatan dll. Perhatikan juga lingkungan saat malam.

3.       Budget

Ya, ini juga perlu Anda pertimbangkan. Kami akan membahas harga kost saja. Setiap tahun harga sewa kost semakin naik signifikan. Untuk itu kami akan membahas harga di tahun 2016 saja.

Untuk kost dengan spesifikasi 3x3 meter kamar mandi di luar berkisar Rp.500.000,-. Harga ini sudah relatif jarang dijumpai, karena sudah berkisar di atas harga itu. Harga ini bisa Anda dapatkan di daerah perkampungan padat. Bagi Anda yang menginginkan kost yang tenang di kompleks perumahan, siapkan minimal Rp.700.000,- dengan fasilitas yang minim (kasur dan lemari saja).

Semakin baik lingkungannya, dan semakin dekat dengan fasilitas umum, maka akan semakin tinggi harganya.
Semua uraian di atas tidak dapat dijadikan patokan satu-satunya dalam menilai baik/tidaknya sebuah tempat tinggal sementara, karena semua kembali kepada selera dan keinginan Anda.

Jika penulis berikan saran, wilayah yang relatif baik untuk dijadikan hunian yaitu daerah Surabaya Barat (Sememi, Kandangan, Benowo, Wiyung, Kebaraon) dan Surabaya Timur (Rungkut, Medayu). Kondisi masih tidak begitu ramai, masih ada vegetasi alam (sawah, empang, tegal dan lahan terbuka). Semoga ulasan kami bermanfaat bagi Anda.

Tag :
Tempat tinggal di surabaya
Kost di surabaya

Kontrakan di surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]