Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Beberapa alat elektronik yang kita punya membutuhkan sebuah adaptor agar dapat menyala. Misalkan Charger HP, Charger Laptop, Monitor / Televisi LCD, TV Box, dan lain sebagainya. Namun bagaimana jika perangkat elektronik Anda mengalami kerusakan pada adaptor, sedangkan alat elektronik Anda sebenarnya masih berfungsi normal.

Hal tersebut pernah saya alami, yakni saat adaptor TV Box/TV Tunner portable mengalami kerusakan. Sehingga TV Box tidak dapat dipakai, padahal sebenarnya masih berfungsi normal. Beberapa perangkat elektronik yang kita beli terkadang memiliki kualitas adaptor yang kurang baik, sehingga akan cepat rusak jika terjadi korsleting listrik, tegangan listrik PLN yang naik-turun, dan terlalu panas.





Akibat adaptor rusak, saya dan istri tidak dapat menonton televisi. Saya dan istri akhirnya mencoba menghubungi toko yang menjual TV Box tersebut. Sayangnya, garansi TV Box tersebut tidak termasuk pada garansi adaptor.

Berikutnya saya mencoba mencari adaptor yang sama di toko lain. Sebelum itu, penulis membawa adaptor yang rusak tersebut untuk dijadikan contoh. Tertulis profil adaptor tersebut yaitu "5 V, 06 Ampere". Namun rupanya saya tidak menemukan toko elektronik yang menjual adaptor.

Saya dan istri mencoba mencari di Hi Tech Mall Surabaya, namun tidak ada toko yang menjualnya. Akhirnya saya mencari informasi di Internet mengenai keberadaan adaptor ini, namun sedikit sekali yang mengulasnya. Tak hentinya penulis berusaha mencari solusi di internet, hingga penulis membaca ulasan dari penulis blogger yang menyarankan untuk membuat adaptor ke tukang servis alat elektronik. Tapi risikonya ialah gambar yang dihasilkan terlihat miring dan tidak sempurna, akhirnya saya mengurungkan niat untuk membuat adaptor tersebut.

Di beberapa postingan seperti kaskus, ada beberapa thread yang isinya menjual adaptor seperti itu, namun lokasinya sangat jauh yaitu di Jakarta, dan stok sudah habis. Saya mulai putus asa, bahkan berniat untuk memberi TV Box baru atau Televisi LCD yang baru. Namun saya merasa sayang untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit hanya untuk membeli alat yang baru, karena alat yang lama masih bisa berfungsi, hanya saja adaptornya yang rusak.

Berikutnya saya dan istri mencoba ke toko elektronik yang lain, tapi rupanya kami tak menemukan adaptor yang dicari. Setelah bertanya ke penjaga toko, ternyata adaptor seperti ini banyak sekali tersedia di Pasar Genteng Baru Surabaya. Akhirnya saya dan istri meluncur menuju Pasar Genteng Baru Surabaya yang berada di Jl. Genteng Besar.

Pertama kali datang, kami terkejut, ternyata ada pasar elektronik yang sangat besar, bahkan sebesar Mall. Isinya hanyalah toko elektronika, dan benda elektronik apapun tersedia di Pasar Genteng Baru. Saya mulai bertanya ke toko elektronik pertama dan menanyakan adaptor, dan ternyata ada. Dengan hati gembira saya jelaskan spesifikasi adaptor yang saya inginkan, yaitu 5 volt 0,6 Ampere. Tapi sayangnya tidak ada adaptor yang spesifikasi yang sama. Kami berdua bertanya ke toko lainnya, dan tidak ada yang sama. Mayoritas toko menjual adaptor dengan spesifikasi 5 volt 2 Ampere.

Dengan rasa kecewa dan ragu, kami menuju ke toko lainnya, namun spesifikasi yang kami temui hanya 5 volt dan 2 Ampere. Sang pemilik toko menanyakan spesifikasi yang kami inginkan, setelah saya jelaskan spesifikasi yang saya inginkan, sang penjual menjelaskan bahwa TV Box saya tidak akan bermasalah jika menggunakan adaptor 5v 2 Ampere. Karena menurut penjual, perbedaan Ampere tidak menjadi masalah asalkan Ampere-nya tidak lebih kecil, dan volt-nya itulah yang harus sama.

Awalnya kami ragu, jangan-jangan itu hanyalah akal-akalan penjual saja. Lalu saya beranjak dari toko tersebut, dan saya membuka HP saya dan membuka internet, dari situ saya mencari informasi apakah perbedaan Ampere bisa menyebabkan kerusakan. Ternyata ada beberapa tulisan yang membahas hal tersebut, sebagian mengatakan menyebabkan kerusakan, dan sebagian lagi tidak. Bahkan beberapa penulis bersikeras bahwa semakin besar Ampere-nya, maka semakin bagus adaptornya (karena biasanya lebih dingin).

Dengan beberapa pertimbangan, saya akhirnya memutuskan untuk membeli adaptor 5 volt 2 Ampere tersebut. Saya pasrah jika TV Box saya rusak, karena jika rusak pun, adaptor yang saya cari tidak pernah ditemukan. Di pikiran saya saat itu hanyalah membeli TV Box baru (kemungkinan buruknya).

Adaptor yang saya beli memiliki colokan yang lebih besar daripada yang asli, saya sengaja tidak mencari yang kecil (yang cocok dengan yang asli) karena saya bisa memodifikasinya sendiri. Colokan adaptor yang asli saya potong dan saya ganti ke yang baru.

Setelah dicoba, ternyata TV Box saya menyala dengan normal, dan gambar yang dihasilkannya pun bagus, seperti aslinya. Saya bersyukur sekali karena saya sudah bisa menonton televisi bersama istri saya tanpa harus membeli TV Box / Televisi yang baru.

Kesimpulan yang saya dapat dari kejadian ini adalah :

  1. Jika adaptor Anda rusak, silakan cari di Pasar Genteng Baru Surabaya
  2. Spesifikasi adaptor boleh beda, asalkan Voltase-nya sama, dan Ampere-nya tidak lebih kecil dari aslinya.

Percobaan saya menggunakan adaptor yang beda spesifikasi tidak bisa disamakan dengan perangkat lain. Akan lebih baik jika Anda mencari informasi terlebih dahulu sebelum melakukan seperti yang saya lakukan.

2 komentar:

  1. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai cas hp bisa gan yang output dc 5v 1 s/d 2 ampere pengalaman

      Hapus

Bottom Ad [Post Page]